Tips Menata Teras Rumah Berukuran Mungil

Teras adalah ruang peralihan dari ruang luar menuju ruang dalam atau sebaliknya, yang dinaungi atap, dengan satu atau dua dinding.  Posisi teras rumah biasanya ada di luar rumah, posisinya berada paling depan setelah pagar dan halaman rumah.  Karena letaknya itu, terkadang pemilik rumah lupa untuk menata dan merawat teras rumah.

tips-menata-teras-rumah-bertipe-kecil
Teras Rumah yang ditata rapi dan indah, akan membuat tampilan rumah jadi lebih indah, foto: www.sejasa.com


Fungsi Menata Teras Rumah


Sebab Teras rumah mewakili tampilan rumah dari luar, maka fungsi teras rumah selain sebagai area bersantai, area pertama untuk menyambut tamu yang berkunjung, juga menjadi elemen yang memperindah fasad rumah Anda. 

tujuan-menata-teras-rumah
Teras mungil yang tertata rapih dan asri, foto: renovasi-rumah.net

Jika teras rumah tertata rapi dan bersih, maka rumah juga akan terlihat indah, dan pemilik rumah bisa bersantai dengan nyaman di sana. Oleh sebab itu rumah interior lampung menyajikan artikel mengenai " Tips Menata Rumah Mungil" yakni rumah berukuran tipe 21, 27, 36dan tipe 45.


8 Tips Menata Teras Rumah Mungil agar Tampak Indah dan Nyaman


Berikut ini 8 tips menata teras rumah berukuran mungil, yang dapat Anda jadikan inspirasi dalam menata teras rumah Anda.

Tips Menata Teras Rumah No 1 : Menata Dinding Teras Rumah

Dinding teras rumah sebaiknya disesuaikan dengan tema desain interior rumah Anda. Dinding teras bisa berupa tembok semen, dinding bata, ataupun dinding kayu, semua kembali ke selera Anda sebagaimana yang Anda tuangkan dalam tema interior rumah Anda.

Pilih warna cat yang cerah untuk teras sekaligus dinding eksterior rumah Anda. Warna yang cerah bisa memberi kesan ruang teras terlihat lebih lapang. Dengan paparan sinar matahari, warna cat yang cerah juga bisa memantulkan cahaya sehingga teras Anda nampak lebih mencolok dari kejauhan.


Tips Menata Teras Rumah No 2 : Memilih Lantai Teras Rumah

tips-menata-teras-rumah-bagian-lantai
Cat Dinding disesuaikan warna kursi, lantai marmer dengan tekstur untuk mengurangi licin foto: Hello

Ada hal yang perlu diperhatikan juga dari segi tekstur dalam pemilihan lantai, baik lantai kayu ataupun keramik. Karena biasanya berada di ruangan terbuka, maka jika terjadi hujan, lantai keramik dengan tekstur yang rata akan membuat lantai menjadi licin, sedangkan lantai dari kayu akan cepat pudar dan lapuk. Karena itu, gunakanlah lantai keramik yang memiliki tekstur kasar untuk mengurangi licin, dan lapisilah lantai kayu dengan pelapis ekterior yang tahan cuaca.

Tips Menata Teras Rumah No 3 : Memilih Furnitur Teras Rumah yang Tepat

tips-memilih-furniture-teras-rumah
Furniture teras rumah dari kayu berkesan klasik, foto: tribunnews.com

Teras rumah biasanya dilengkapi dengan furnitur berupa meja dan kursi. Ada banyak pilihan set kursi outdoor yang bisa Anda pilih sesuai dengan desain yang Anda tentukan. Pilih furnitur yang ringan namun kokoh, jumlahnya tidak terlalu banyak, misalkan meja dan sepasang kursi saja, sehingga teras rumah Anda memiliki lebih banyak sisa ruang dan menjadi lebih lapang. Jika ingin bereksperimen dengan konsep rustic, anda bisa membeli furnitur dari pasar loak.

Sementara untuk desain yang minimalis, cukup siapkan karpet dan beberapa bantal empuk berkonsep lesehan. Selain set kursi, Anda juga bisa meletakkan rak sepatu atau dekorasi dinding sebagai pemanis.

Tips Menata Teras Rumah No 4 : Merancang Taman Kecil dan Pot di dekat Teras rumah

tips-menata-taman-mungil-teras-rumah
Teras Rumah dengan Taman kecil, foto: Mommies Daily

Untuk rumah klaster atau townhouse yang dilengkapi dengan sepetak taman kecil di teras rumahnya, bisa Anda dekorasi dengan mudah. Tanam beberapa tanaman dengan kombinasi warna warni agar teras Anda nampak lebih menarik. Kemudian, atur jarak tanam dengan tepat agar taman kecil Anda tidak terkesan sempit. Gunakan metode tanam dengan pola lurus atau satu garis. Anda bahkan bisa menambah lampu taman atau air mancur kecil sebagai dekorasi tambahan.

Sementara untuk Anda yang tinggal di perumahan padat penduduk, Anda tetap bisa memberi sentuhan hijau yang segar dengan meletakkan beberapa pot bunga di teras. Pilih pot tanaman hijau yang agak tinggi untuk diletakkan di sudut ruangan. Sedangkan pot kecil bisa Anda tata di rak gantung. Jangan ragu memilih jenis bunga yang memiliki keharuman semerbak untuk membuat teras Anda lebih segar.

Tips Menata Teras Rumah No 5 : Membuat Kolam Kecil dekat Teras Rumah
tips-menata-kolam-ikan-kecil-dekat-teras-rumah
Elemen Kolam pada Teras Rumah membuat suasana sejuk, foto: Desain Rumah Minimalis

Memberi ruang untuk kolam ikan juga akan membuat area depan rumah tampak asri. Kolam ikan akan membantu membuat area depan rumah tampak dingin. Masih dengan konsep minimalis, tinggalkan ornamen batu-batuan dan rerimbunan pohon pada kolam anda. Cobalah membuat ornamen oval atau square. Konsep kolam minimalis akan menambah kesan lapang pada halaman Anda.

Tips Menata Teras Rumah No 6 : Maksimalkan Akses Sinar Matahari 

tips-menata-teras-rumah-agar-cukup-sinar-matahari
Teras rumah mungil hangat oleh sinar matahari, foto: pinimg.com

Teras yang sehat haruslah mendapat asupan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari yang masuk bisa memberikan kesan yang luas di teras berukuran kecil. Selain itu, sinar matahari juga bermanfaat untuk proses fotosintesis tanaman yang tertata di teras Anda.

Tips Menata Teras Rumah No 7 : Membuat Paving untuk Teras Rumah

tips-menata-teras-rumah-dengan-membuat-paving
Paving dari batu alam mempercantik teras rumah, foto: lestnic.com

Aplikasikan paving atau stepping stone jika Anda memiliki teras yang berukuran cukup panjang. Dekorasi sederhana ini bisa memberi tampilan yang berbeda pada teras rumah Anda. Selain itu, paving juga berfungsi melindungi tanaman Anda dari pijakan kaki secara langsung di taman.


Tips Menata Teras Rumah No 8 : Menambahkan Ornamen Kaca Cermin

tips-menata-teras-rumah-berikan-cermin-pada-dinding
Cermin di salah satu dinding teras, dekorasi yang memberi kesan luas, foto: Desain Rumah Minimalis Terbaik

Tips selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan kaca cermin di salah satu sisi dinding teras. Tujuannya untuk menciptakan ruangan lebih besar karena efek refleksi cermin. Anda bisa menempatkan cermin dengan ukuran yang agak besar di dinding teras untuk aksen dekorasi yang sederhana.


Demikian artikel Tips Menata Teras Rumah Berukuran Mungil, semoga bermanfaat.


Menuju : Welcome to Rumah Interior Lampung